Mengenali Kerusakan dengan WhatsApp

Mengenali sebuah kerusakan pada tanaman adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pembudidaya, dengan memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi gejala maupun tanda dari sebuah kerusakan dan dapat meminimalkan kematian tanaman akibat penyakit. 

Kerusakan tersebut dapat berupa serangan penyakit, hama, dan defisiensi hara. Kemampuan tersebut muncul dari pengalaman yang dijalani serta pengetahuan yang dipelajari, dengan kata lain kemampuan ini di dapatkan dari perjalanan yang panjang.

Namun, untuk kalian yang saat ini merasa baru memulai dalam hal budidaya dan tidak memiliki kemampuan mengenali kerusakan maka jangan risau dan jangan panik. Kalian hidup di era IoT, Internet of Things, era dimana semua informasi bisa kalian dapat melalui internet, data serta informasi tentang penyakit tanaman pun sudah tersedia dalam internet, maka untuk mencari informasi sebuah kerusakan tanaman bukan lah sebuah masalah. 

Akan tetapi, hal itu akan menjadi masalah ketika kalian tidak tahu nama penyakit pada tanaman kalian dan jika kalian tidak tahu nama penyakit tersebut maka kalian tidak bisa mencari informasi tentang kerusakan tanaman tersebut.

Baca Juga : Apakah itu Internet of Things ( IOT )

Aplikasi Plantix

Oleh karena itu hadir aplikasi bernama “ Plantix “. Aplikasi ini dalam situs web resmi nya menyebutkan bahwa Plantix adalah Dokter tanaman anda. Sebenarnya, sudah banyak sekali aplikasi pertanian yang mengklaim mampu mengenali sebuah kerusakan pada tanaman akan tetapi Plantix memberikan hal yang berbeda, yaitu mampu mengenali kerusakan tanaman melalui BOT Plantix, fitur ini sangat membantu bagi kalian yang tidak begitu memiliki banyak penyimpanan memori karena kalian tidak perlu mendownload aplikasi nya, cukup perlu Whatsapp saja.

Cara Upload

Cara upload yang cukup mudah, kalian hanya perlu mengirimkan gambar penyakit tanaman yang ingin kalian kenali, lalu secara otomatis Plantix akan mengirim pesan yang berisi jawaban nya. Gambar yang dikirim pun memiliki syarat yaitu tidak boleh buram ( blur ) dan tidak ada objek lain di gambar yang kalian kirim.

Setelah kalian kirim gambar, jika Plantix mengenali nya maka kalian akan menerima pesan dari Plantix tentang nama penyakit tersebut dan keteran singkat dari penyakit tersebut. Pesan tersebut juga berisi link yang mengarah ke situs Plantix, di dalam nya terdapat Symptoms ( Gejala ), Host ( Inang ), Trigger ( Pemicu ), Biological Control ( Kontrol Biologi ), Chemical Control ( Kontrol Kimia ), serta Preventive Measure ( Tindakan Pencegahan ).

Selain mampu mengenali kerusakan tanaman akibat penyakit, Plantix juga mampu mengenali kerusakan tanaman akibat serangan hama.

Untuk sementara ini, kemungkinan Plantix hanya mampu mengenali penyakit tanaman utama. Ketika saya mencoba mengirimkan cabai yang mengalami kerusakan, akan tetapi Plantix tidak mengenali. Andaikan Plantix tidak mengenali penyakit tersebut, Plantix akan menyakan apakah gambar yang kalian kirim cocok dengan yang Plantix tunjukan.

Klik Gambar di atas untuk mendapatkan nomor Plantix

Secara keseluruhan, ini adalah inovasi menciptakan BOT untuk mengenali kerusakan pada tanaman adalah hal yang luar biasa. Namun, masih ada beberapa gambar yang tidak dikenali, entah karena Plantix kekurangan data atau gambar dari si pengirim yang tidak jelas. Selain itu, ini adalah hal yang hebat.

Ditulis Oleh : Mirza Saputra

DotyCat - Teaching is Our Passion