Era Baru Bertani

Kita adalah sebuah perwujudan bentuk manusia yang hidup di era baru, era Revolusi Industri 4.0. Era tersebut adalah era di mana penggunaan Internet adalah segala nya, semua urusan manusia dari bangun pagi hingga bangun pagi lagi bisa di lakukan oleh sebuah internet.

Pada era sebelum nya, fungsi internet hanyalah menghubungkan kita dengan server sedangkan pada era baru ini, fungsi internet mengintegrasikan semua perangkat yang kita punya menjadi satu.

 Sebagai contoh kalian berada di luar kota dan rumah kalian gelap karena sudah malam, namun tidak ada yang menyalakan lampu karena semua orang rumah juga berada di luar kota, dengan internet kalian bisa menghubungkan perangkat kalian dengan lampu di rumah sehingga kalian bisa menyalakan lampu di rumah kalian, dengan syarat kedua perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Urusan pertanian juga mengambil bagian dalam revolusi industri ini, Konsep pengembangan pertanian yang banyak dikembangkan pada saat ini adalah konsep pertanian cerdas, atau yang biasa juga disebut smart farming atau precision agriculture. Konsep ini merujuk pada penerapan internet pada bidang pertanian. Tujuan utama penerapan terknologi tersebut adalah untuk melakukan optimasi berupa peningkatan hasil (kualitas dan kuantitas) dan efisiensi penggunaan sumber daya [1].

IoT ( Internet of Things )

Internet of Things atau biasa di kenal dengan IoT adalah bentuk perwujudan dari Revolusi Industri 4.0, dengan IoT everything is connect. Dasar dari IoT adalah data dan oleh karena itu lah data di era ini adalah sesuatu yang mahal harga nya, karena semakin banyak data yang kalian punya maka semakin berkuasa kalian di era ini, seperti hal nya Google.

Internet

Internet of Things akan mengolah data yang diberikan dan akan membentuk sebuah big data, dari data yang tidak beratur menuju data yang teratur dan tertata. Setelah data di proses, akan di lanjutkan ke Artificial intelligence ( AI ) atau dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan nama kecerdasan buatan. 

AI akan mengolah serta mempelajari semua data yang masuk agar data yang diinput akan bisa di proses lebih lanjut. Setelah di pelajari dan di olah oleh AI maka hasil dari data tersebut akan di reaksi kan melalui robot atau mesin, sebagai bagian eksekusi lanjut dari data yang di terima [2].

Fungsi Internet of Things ( IoT )

Menanam Padi

            Fungsi utama dari IoT saat ini adalah untuk membantu manusia bukan menggantikan manusia, sebagai contoh saat petani akan menanam padi. Kebanyakan petani saat menanam padi hanya menanam saja tidak melihat kondisi sekitar seperti memperhatikan suhu, pH tanah, ketinggian lokasi, kondisi air, dan kebutuhan unsur hara. 

            Mengetahui kondisi serta kebutuhan unsur hara sangat penting untuk tanaman, karena kekurangan 1 jenis unsur hara saja dapat menyebabkan penyakit pada tanaman ( Defisiensi ). Keberadaan IoT ini juga dapat melihat keberadaan unsur hara dalam tanah, dengan sensor yang di tempatkan akan mengirimkan data ke cloud computing lalu akan di tampilkan di perangkat kalian, dengan tahu unsur hara apa yang kurang dalam tanah maka penggunaan pupuk dapat di optimalkan  

Machine Learning Paradigms

            Paradigma belajar adalah bentuk dasar yang menyatakan pola tertentu dimana sesuatu atau seseorang belajar. Jadi, Paradigma Belajar Mesin adalah bagaimana sebuah mesin dapat belajar dari data yang di berikan. Machine learning paradigms ini memiliki 3 macam yaitu Supervised Learning, Unsupervised Learning, dan Reinforcement Learning.

Machine learning paradigms

Supervised Learning adalah  di mana suatu fungsi memetakan input ke output data menggunakan pasangan input-output yang disediakan [3], maksudnya mesin akan mencocokan data dengan objek yang di amati, jika sesuai maka Yes dan jika tidak sesuai akan No. Sebagai contoh, menetukan warna kematangan buah tomat, Memasukkan data warna merah untuk tomat yang sudah matang dan warna hijau untuk tomat yang masih mentah, jika data sesuai dengan objek maka akan menunjukkan hasil.

Unsupervised Learning, singkatnya pengelompokan data. Karena data yang dimasukkan ke mesin cukup banyak maka di perlukan pengelompokan agar mudah mengidentifikasi. Pengelompokan ini berdasarkan kemiripan. Saat kita memasukkan data yang sangat banyak tentang warna buah tomat, maka mesin akan mengelompokkan warna – warna tesebut sesuai dengan kemiripan

Reinforcement Learning, Intinya belajar dari pengalaman. Setelah kita memasukkan data ke mesin maka kita akan menunjukkan buah tomat secara acak dan mesin akan menebak nya, jika jawaban mesin salah maka kita akan akan menunjukkan jawaban yang benar, oleh karena itu lah mesin akan belajar dari kesalahan nya .

Sebenarnya dalam revolusi industri 4.0 ini tidak hanya internet pemain nya, namun ada Sensor, Cloud Computing, dan Machine Learning [4]. Akan tetapi, hal yang paling terasa dalam kehidupan era baru ini adalah keberadaan internet yang semakin ada dan nyata

Ditulis Oleh : Mirza Saputa

Sumber : [1] [2] [3] [4]

DotyCat - Teaching is Our Passion