Mengonsumsi Kembali Nasi Basi

Pernahkah kalian mengalami situasi perut sudah penuh dengan makanan dan harapan namun nasi di penanak nasi masih banyak karena menanak nasi terlalu banyak dan berpikir akan makan banyak hari itu tersebut ternyata gagal, lalu kalian apakan nasi itu ? apakah kalian akan membuang nya atau kalian akan simpan untuk digunakan sebagai nasi goreng di keesokan hari nya ? terserah sih, itu pilihan kalian tapi saya akan menawarkan pilihan lain supaya pilihan kalian lebih variatif gak gitu – gitu aja, yaitu dengan mengubah nasi sisa tersebut menjadi MOL

MOL bukan MALL, MOL adalah singkatan dari Mikroorganisme lokal yang mana merupakan larutan hasil proses fermentasi dari berbagai jenis bahan-bahan organik. Seperti yang kita ketahui bersama prinsip pertanian organik adalah mendaur ulang yang ada dan menjadikan nya pupuk, seperti sisa nasi ini. 

Larutan MOL mengandung bakteri, perangsang pertumbuhan, unsur hara mikro dan makro, dan sebagai agens hayati pengendali hama dan penyakit tanaman Dengan kandungan-kandungan tersebut MOL dapat digunakan sebagai dekomposer, pupuk hayati dan sebagai fungisida organik.

Setelah mengetahui tentang MOL, mari kita membuat nya :

Alat :

1.      Toples Besar

2.      Selang kecil

3.      Botol

Bahan :

1.      Nasi

2.      Air

3.      Tetes tebu

4.      Em4

Cara Pembuatan

1.      Menaruh nasi di dalam toples besar dan di tutup

2.      Menunggu nasi hingga basi serta berjamur dan berbau seperti tapai

3.      Meremas nasi agar berpencar jika sudah berjamur dan berbau sepeti tapai

4.      Membuat larutan yang berasal dari campuran air, tetes tebu, dan Em4

5.      Menuangkan larutan tersebut ke dalam toples besar

6.      Mengaduk campuran tersebut hingga rata

7.      Menyambungkan Toples besar dengan botol menggunakan selang

8.      Menununggu hingga 7 hari 

Nasi Basi yang sudah berjamur

Mol Nasi Basi

MOL ini akan jadi jika mengeluarkan aroma wangi seperti bau tapai dan tidak berbau busuk seperti got / comberan. Pengaplikasiaan nya dapat sebagai dekomposer atau sebagai pupuk hayati, sebagai pupuk hayati bisa langsung di gunakan pada tanaman dengan dosis pemakaian 1 Liter Mol Nasi Basi : 5 Liter air


Ampas

Syarat pembuatan MOL ada 3 yaitu Karbohidrat, Glukosa dan Sumber bakteri. Pembuatan Mol Nasi Basi ini saya kira telah memenuhi 3 syarat tersebut, Nasi sebagai Karohidrat, Tetes tebu sebagai glukosa dan Em4 sebagai sumber bakteri. Untuk sumber bakteri dapat di ganti dengan kotoran hewan atau bisa juga dengan keong mas, dengan begitu MOL dapat digunakan sebagai dekomposer pengganti Em4.

Ditulis Oleh : Mirza Saputra

DotyCat - Teaching is Our Passion